search

Jumat, 23 Maret 2012

sejarah microsoft corp

Microsoft Windows: Sejarah Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah salah satu produk berupa sistem operasi komputer yang diciptakan Microsoft Corporation. Dan ini bukanlah satu sistem operasi, tetapi kelompok dari berbagai jenis sistem operasi yang berkembang. Dan Windows bukanlah sistem operasi yang diciptakan pertama kali oleh Microsoft. Microsoft menciptakan MS-DOS sebelum Windows. Berikut adalah awal sejarah sistem operasi buatan Microsoft ini.
A. Sejarah Berdirinya Microsoft Corporation
Microsoft berdiri pada tahun 1975, perusahaan ini merupakan perusahaan software terbesar di dunia. Perusahaan ini berpusat di One Microsoft Way, Redmond, Washington, Amerika Serikat. Perusahaan ini ternyata sudah berulang kali diselidiki pemerintah karena masalah monopoli untuk mengalahkan pesaing-pesaing Microsoft. Dan berikut ini adalah jenis-jenis produk Microsoft, berdasarkan pengorganisasian ulang tahun 2002:

Windows Client (mengelola client, server dan sistem operasi bernama Microsoft Windows)
Information Worker (mengelola produk software perkantoran)
Microsoft Business Solutions (mengelola jasa bisnis dan aplikasi proses)
Server and Tools (mengelola perangkat pengembangan dan software server yang terintegrasi)
Mobile and Embedded Devices (mengelola palmtop dan jasa telepon)
MSN (mengelola jasa berbasis-web)
Home and Entertainment (mengelola hardware dan software konsumen)

B. MS-DOS dan Microsoft Windows

1. MS-DOS
Ini adalah sistem operasi yang pertama kali dibuat oleh Microsoft. MS-DOS dirilis pada tahun 1981 dan menghentikan dukungan sepenuhnya terhadap MS-DOS pada tahun 2000. Ini adalah kunci keberhasilan Microsoft sebagai perusahaan kecil yang kemudian menguasai pangsa pasar sistem operasi dunia. MS-DOS menggunakan sistem user interface berbasis teks. MS-DOS ini dikembangkan sampai dengan versi 7.xx yang sudah mendukung sistem partisi FAT 32.
2. Microsoft Windows 1.0
Inilah sistem operasi yang dibuat oleh Mcrosoft berdasarkan grafis yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Diluncurkan tahun 1983, lalu dipasarkan tahun 1985. Microsoft Windows 1.0 ini memiliki Codename Interface Manager, karena Microsoft Windows yang pertama kali diluncurkan ini hanyalah tambahan paket Graphical User Interface ke dalam MS-DOS. Microsoft Windows versi ini mendukung multitasking, akan tetapi Microsoft Windows versi ini menggunakan cooperative multitasking, yang artinya “hanya satu aplikasi saja yang boleh berjalan di muka (foreground application), sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background application) diberhentikan secara sementara hingga pengguna mengaktifkannya kembali.” Di versi pertama Windows ini, Microsoft mengintegrasikan beberapa program seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CardFile, Clipboard, dan game Reversi.
3. Microsoft Windows 2.x
Diluncurkan tanggal 9 Desember 1987. Microsoft Windows 2.x ini lebih populer dibandingkan pendahulunya karena banyaknya aplikasi yang mendukung Windows 2 dan perkembangan GUI serta fasilitas yang lebih baik. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup. Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.
4. Microsoft Windows 2.1x
Ini adalah versi Windows yang pertama kali menggunakan teknologi Intel 80386 berupa High Memory Area (HMA), tetapi tetap mendukung penggunaan Intel 80286 yang masih 16-bit. Windows/386 2.1 memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Windows versi ini kembali mendapat tuntutan dari Apple.
5. Microsoft Windows 3

Dirilis pada tahun 1990. Windows ini mendukung modus real, standard, dan 386 enhanced. Windows ini juga tersedia dalam versi multimedia (Media Center), yang disebut Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0 yang merupakan media upgrade kit dan sound card. Versi ini adalah perintis kecanggihan multimedia pada Windows yang dirilis setelah Windows 3.0, seperti Windows 3.1, Windows 3.11, Windows 95, dan seterusnya. Windows versi ini (terhitung sejak 2 tahun sebelum dirilisnya Windows 3.1) sudah terjual di pasaran sebanyak 10 juta kopi atau salinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar