Jakarta (ANTARA News) - Ponsel pintar Android diperkirakan akan mendominasi pasar smartphone di Indonesia pada kuartal-kuartal mendatang.

Dengan menjadi sistem operasi pilihan bagi sebagian besar vendor lokal dan global, Android telah mempersempit gap dengan OS BlackBerry, kata perusahaan research ICD dalam pernyataannya via email kepada ANTARA News baru-baru ini.

"Smartphone Android tumbuh beruntun 22 persen di Indonesia, dan kami perkirakan Android akan mendominasi pasar dalam kuartal-kuartal mendatang," kata Darwin Lie, Associate Market Analist for Client Device Research di IDC Indonesia.

Menurut IDC, pengiriman ponsel di Indonesia pada kuartal empat tahun lalu stabil, dengan pertumbuhan year-on-year 43 persen. Sementara pengiriman smartphone kuartal keempat 2011 tumbuh 28 persen dan 61 persen secara year-on-year.

Indonesia tetap menjadi pasar kuat bagi ponsel fitur. Ponsel low-end yang berfitur TV dan dua kartu SIM telah membantu mempertahankan tingginya volume pengiriman ponsel di Indonesia dalam 2011.

Terus masuknya ponsel pintar Android terjangkau ke pasar Indonesia telah membantu mendorong pertumbuhan. Kelompok berpenghasilan menengah ke bawah merupakan pasar utama ponsel Android berharga di bawah Rp1,2 juta.